Sambutan Ketua Program Studi

Sani

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Program Studi Farmasi Unisba, di bawah koordinasi Fakultas MIPA didirikan tahun 2006, saat ini menerapkan Kurikulum 2013 yang mengakomodasikan semua ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan produksi obat yang manjur dan aman. Disiplin ilmu farmasi, suatu profesi di bidang kesehatan, bertanggung jawab atas penyediaan obat yang bermutu.

Manusia normal menginginkan selalu dalam keadaan sehat. Sehat awalnya hanya diartikan sebagai keadaan tubuh yang tidak berpenyakit. Pemahaman yang lebih maju mengartikan sehat sebagai keadaan seluruh jiwa dan raga yang bugar, siap digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Demikianlah kita saksikan saat ini, dalam upaya menjaga dan meningkatkan status kesehatan, selain menjalani lifestyle yang dipilih secara cerdas, sebagian masyarakat juga mengkonsumsi obat suplemen.

Kenyataan, makin tinggi tingkat kesejahteraan seseorang, semakin tinggi pula tuntutannya terhadap jaminan kesehatan yang lebih baik, dan ini terutama tertumpu pada ketersediaan obat yang bermutu tinggi.

Ilmu Farmasi mencakup 4 (empat) disiplin ilmu utama, yaitu Farmasetika, Farmakokimia, Farmakologi, dan Farmasi Bahan Alam.

  • Farmaseutika, ilmu yang terkait pembuatan berbagai bentuk sediaan obat. Obat ada yang berbentuk  padat seperti tablet, kapsul dan lain-lain; ada yang berbentuk semi-padat seperti salep dan krim, ada yang cair seperti larutan injeksi, emulsi, dan lain-lain;
  • Kimia Medisinal, ilmu penunjang dalam pengembangan obat baru;
  • Farmakognosi atau Kimia Bahan Alam, yang terkait pemanfaat bahan alami sebagai obat;
  • Farmakoterapi, ilmu yang terkait penggunaan obat yang rasional yang disesuaikan dengan kondisi penyakit dan fisik pasien; dan
  • Kimia Analisis Obat, ilmu yang terutama diaplikasikan untuk menjamin mutu obat dari segi kebenaran senyawa obat yang terkandung dalam sediaan farmasi serta menjamin ketepatan dosis.

Dengan bimbingan sejumlah dosen berpendidikan magister dan doktor, beberapa merupakan lulusan perguruan tinggi farmasi ternama di luar negeri, atas seizin Allah, sebagian besar mahasiswa yang menuntut ilmu di Prodi Farmasi Unisba dapat menyelesaikan studinya tepat waktu, empat tahun.

Semoga  dengan izin Allah SWT, sivitas akademika dan para alumni dari lembaga pendidikan tinggi ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia. Aamiin.

Ketua Program Studi

apt. Sani Ega Priani, M.Si.